Pemberdayaan Masyarakat Dhuafa Budidaya Domba

Rp0 of Rp95 million raised

I. PENDAHULUAN

Pembangunan peternakan merupakan salah satu pembangunan pertanian di Indonesia. Peternakan merupakan salah satu  prioritas pembangunan di bidang pertanian. Hal ini dikarenakan  kondisi wilayah Indonesia yang cocok dengan hewan ternak, khususnya domba atau kambing.

Masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat, masih banyak yang belum sejahtera khususnya di bidang perekonomian, Pertanian dan peternakan belum mampu mengangkat perekonomian masyarakat, padahal produk pertanian dan peternakan diperlukan oleh jutaan atau milyaran orang yang mengonsumsi makanan dari hasil  ternak.  Secara umum peternak (terutama peternak rakyat) kehidupanya masih sangat terpinggirkan. Kondisi demikian sesungguhnya tidak perlu terjadi karena sebagian besar produk peternakan bernilai ekonomis seperti  daging, kulit. Bahkan dari hal kecil pun dari produk peternakan, seperti kotoran bisa menghasilkan tambahan penghasilan. Domba merupakan salah satu hewan yang semua organ tubuhnya dapat benilai ekonomis.

Keberadaan sentra produksi petenakan domba  tidak bisa dilepaskan dari kebijakan nasional. Kebutuhan domba nasional hari ini cukup besar, apalagi pada saat Hari Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Momen tahunan ini akan menyedot banyak domba dan kambing. Namun demikian, sampai saat ini upaya memenuhi kebutuhan domba secara nasional belum pernah terpenuhi.

Karena itu,  pemerintah Provinsi Jawa Barat menghadapi tantangan yang cukup besar untuk mendorong peternak agar mampu memproduksi daging domba sesuai dengan persyaratan domba berkualitas. Namun demikian, yang menjadi permasalahan adalah rendahnya kesejahteraan peternak. Masalah peternakan dari perspektif produksi adalah perlu adanya pengembangan jumlah domba dan efisiensi pakan. Sementara itu, dari perspektif ekonomi adalah keterbatasan modal, lahan, sarana dan prasarana.

Untuk memberikan arah pemecahan masalah dan peningkatkan  taraf  hidup masyarakat peternak kecil diperlukan efektivitas usaha melalui beternak dan budidaya domba dengan efektif dan optimal.

Sasaran program ini kami tujukan kepada keluarga dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Keluarga Duafa
  2. Keluarga yang memiliki kartu jamkesmas/KIS

II. NAMA KEGIATAN

Pemberdayaan Masyarakat Dhuafa

 

 III. TUJUAN

Secara umum:

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dhuafa.

Secara khusus:

  1. Memberikan bimbingan keagamaan kepada kepala keluarga, khususnya dalam hal akidah.
  2. Memberikan motivasi untuk tetap semangat pantang menyerah
  3. Memberikan fasilitas usaha yang cukup dan
  4. Pemberian bantuan hewan ternak berupa domba jantan untuk digemukkan.

 

IV. BENTUK KEGIATAN

  1. Pemberian pelatihan budidaya domba dengan teknologi fermentasi pakan
  2. Pemberian bantuan domba jantan untuk penggemukan
  3. Pemberian paket bibit domba untuk pengembangbiakan

 

V. WAKTU DAN TEMPAT

Tanggal           : Maret – November 2018

Tempat          : Kab Indramayu, Kab Subang

Rp
Personal Info

Untuk berdonasi silakan, mengikuti langkah-langkah berikut :

A. Transfer/Setor via Bank

  1. Silakan transfer/setor ke nomor rekening Bank Rakyat Indonesia : 2019-01-000178-30-7 a.n Dompet Surga Indonesia
  2. Konfirmasikan bukti transfer/setor anda via WA : 081294079222 / email ke : layanandonatur@dompetsurga.org. Sebutkan : Nama,Nomor Telp/Hp anda, Jumlah donasi

Yayasan Dompet Surga Indonesia ( YDSI )
Rukan Mega Boulevard
Kota Harapan Indah Blok RV2 No. 1C Lantai 3,RT.10/RW.8,Kel. Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Kab.Bekasi, Jawa Barat 17214, Telepon:021-88389152, Hp/WA: 081294079222, Email:layanandonatur@dompetsurga.org

Semoga Allah melimpahkan rahmat serta keberkahan kepada Anda atas donasi yang Anda berikan.

Walhamdulillah

Donation Total: Rp50.000